Menara Eiffel, Paris (Gambar: cometoparis)


1. Apa Sih yang Mesti Diriset ?
Untuk menentukan tempat, kota, dan negara mana di Eropa yang akan dikunjungi, 
Dada Sabra biasanya mulai cari tahu tentang destinasi itu di :
wikipedia, international travel blogs, news website, situs traveling seperti The Culture Trip dan beberapa facebook groups juga sangat membantu.

2. Cek di Google Maps

Ngecek di peta lumayan membantu untuk melihat jauh dekatnya satu kota dengan kota lainnya, plus melihat kota dan negara menarik lain di sekitarnya. Kalau sudah nentuin semua destinasi yang mau dikunjungi, cek di google maps.

3. Cari Tiket Transportasi Antar-kota dan Negara

Website dan app yang selalu saya pakai untuk beli serta cek tiket transportasi antar-kota dan negara di Eropa adalah Go Euro dan Flix BusSelain Go Euro dan Flix bus, kalau mau ngecek lama perjalanan dan pilihan transportasi bisa juga pakai Rome to Rio, or just click your destination name on google, it will show you how to go there.

4. Beli Tiket Pesawat

Kalau rute sudah jadi, sekarang saatnya beli tiket pesawat beneran. Tapi kalau kamu belum punya visa Schengen, sebaiknya book tiket dulu karena mesti dilampirkan saat apply visa Schengen.

Kemarin juga saya punya banyak pertanyaan seputar visa transit di London dan tim customer service Norwegian Air sangat helpful menjawab setiap pertanyaan di twitter.

5. Kalau Mau Beli Tiket bus dan Kereta di Destinasi Non-populer di Eropa Pakai Apa?

Hati-hati kalau beli tiket di Balkan baik lewat Get By Bus atau website lainnya karena mesti di-print. Yes, tiket masih harus diprint untuk ditunjukkan ke petugas bus, 

Rupanya sistem Get By Bus belum secanggih Go Euro dan Flix Bus yang biasanya saya tinggal nunjukin tiket di hape dan petugas bus akan scan barcode yang ada tiket itu.

Parahnya lagi, kalau gak sempat atau gak nemu tempat ngeprint tiket, petugas bus akan menolak naik ke bus meskipun sudah bayar tiket dan email tiket itu ada hape.

6. Perlu Booking Tiket Tempat Wisata/Attraction Jauh-jauh Hari Nggak?

Untuk tempat wisata yang selalu ramai seperti kastil Disney Neuschwanstein sebaiknya booking jauh-jauh hari agar dapat slot dan jam masuk yang gak kesorean.

7. Perlu Bawa Koper dan Baju Berapa Banyak?

Untuk perjalanan 36 hari plus 3 bulan di Amrik, saya bawa 1 koper ukuran medium dan 1 buah ransel ukuran sedang.
Saya sih prinsipnya kalau perlu baju atau sepatu tambahan yang tinggal beli lagi saja di Eropa, jadi nggak bawa kebanyakan barang, dan biasanya sih pasti butuh beli lagi.


Editor : I Made Asdhiana
Narasumber: DADA SABRA SATHILLA










- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -