Bondowoso punya kembaran Stonehenge dari Inggris. Nama destinasinya Betoh So'on, yang berarti batu sunggi. Susunan batunya mirip dan sama-sama masih misterius!

1.Betoh Soon adalah destinasi baru yang bisa traveler kunjungi di Bondowoso. Penampakannya mirip dengan Stonehenge dari Inggris. Batu-batu besar tersusun saling bertumpuk satu sama lain. Sampai sekarang belum ada yang tahu mengapa batu tersebut tersusun seperti itu (Narulita/detikTravel)
Betoh So'on adalah destinasi baru yang bisa traveler kunjungi di Bondowoso. Penampakannya mirip dengan Stonehenge dari Inggris. Batu-batu besar tersusun saling bertumpuk satu sama lain. Sampai sekarang belum ada yang tahu mengapa batu tersebut tersusun seperti itu 

2.Untuk menuju ke Betoh Soon, medan yang ditempuh cukup berat. Jalannya masih berupa tanah dan batu, sempit dan hanya cukup dilalui 1 mobil saja. Jalannya pun banyak tanjakan, kelokan dan turunan (Narulita/detikTravel)
Untuk menuju ke Betoh So'on, medan yang ditempuh cukup berat. Jalannya masih berupa tanah dan batu, sempit dan hanya cukup dilalui 1 mobil saja. Jalannya pun banyak tanjakan, kelokan dan turunan

3. Selama perjalanan, hiburannya hanya melihat sawah dan kebun menghijau yang berada di kanan dan kiri jalan. Ada juga hutan dan sungai yang mengalir di tepinya (Narulita/detikTravel)
Selama perjalanan, hiburannya hanya melihat sawah dan kebun menghijau yang berada di kanan dan kiri jalan. Ada juga hutan dan sungai yang mengalir di tepinya.

4. Setelah perjalanan yang penuh perjuangan, akhirnya sampai juga di Betoh Soon. Ada 7 deretan batu besar yang berdiri berjajar di situs megalitikum ini (Narulita/detikTravel)
Setelah perjalanan yang penuh perjuangan, akhirnya sampai juga di Betoh So'on. Ada 7 deretan batu besar yang berdiri berjajar di situs megalitikum ini.

5. Susunan batu megalitikum ini letaknya ada di dasar lembah. Entah berapa meter tinggi dari Stonehenge van Java ini. Di atas batu yang tegak ini, masih ada batu lain yang berukuran besar di atasnya, sepeti sengaja ditumpuk (Narulita/detikTravel)

Susunan batu megalitikum ini letaknya ada di dasar lembah. Entah berapa meter tinggi dari Stonehenge van Java ini. Di atas batu yang tegak ini, masih ada batu lain yang berukuran besar di atasnya, sepeti sengaja ditumpuk.

6. Entah siapa yang menyusun batu tersebut, apakah alami ataukah buatan. Traveler yang berkunjung ke sini, bisa lho foto-foto dengan latar belakang Betoh Soon  (Narulita/detikTravel)

Meski sampai sekarang masih misterius, tetapi Betoh So'on patut dikunjungi traveler libur panjang akhir pekan ini. Mungkin satu saat nanti para arkeolog bisa menguak misteri di balik Situs Megalitikum Betoh So'on di Bondowoso.

Sumber artikel dan foto: (Narulita/detikTravel)

- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -